Langsung ke konten utama

Di Youtube Semua Orang Bebas Berbicara





Youtube merupakan situs berbagi video yang berasal dari Amerika serikat. Semenjak diakuisisi oleh google pada akhir tahun 2006, perkembangan youtube menjadi semakin pesat. Bahkan hingga saat ini youtube sudah beredar di 75 negara dan telah memiliki 76 bahasa untuk memudahkan penggunanya. Di Indonesia sendiri, konsumsi masayarakat terhadap video – video di youtube terhitung besar. Bahkan berdasarkan data yang diambil dari Kompas.com, Indonesia sempat menempati peringkat ke lima penikmat youtube terbesar, di Asia Pasifik.


Di Indonesia sendiri telah banyak muncul para selebriti atau public figure yang menggunakan youtube sebagai sarana broadcast mereka. Khalayak sendiri  sering memanggil mereka dengan sebutan youtuber. Sedangkan untuk mereka yang bertindak sebagai penonton lebih sering dipanggil viewer. Youtuber dan para viewer sering sekali terlibat konflik yang tidak menyenangkan meskipun pada dasarnya konflik tersebut hanya disebabkan oleh perihal yang sepele.


Misalnya saja ada seorang yotuber yang menggunakan kata kasar dalam membawakan videonya. Terkadang akan ada youtuber lain atau viewer yang kurang berkenan sehingga memicu konflik di ruang komentar. Konflik – konflik tersebut justru akan memicu kebencian – kebencian lain yang hanya akan memperpanjang konflik. Namun, konflik ini justru akan membawa keuntungan bagi youtuber pemilik video tersebut. Pasalnya dengan adanya konflik, maka viewers dari video mereka akan meningkat dan itu bisa menambah pemasukan bagi youtuber. Namun tindakan youtuber tersebut sebenarnya tidak salah.


Tindakan mereka tidaklah salah. Karena di Indonesia, youtube adalah ruang bebas. Mengapa demikian? Jika mengingat kebijakan yang dianut, youtube sendiri menerapkan kebijakan Amerika yang sangat meprioritaskan kebebasan berbicara atau Freedom Of Speech. Apalagi situasi ini didukung dengan tidak adanya lembaga pemerintah yang mengawasi pergerakan youtube layaknya KPI yang mengawasi program penyiaran. Sehingga para youtuber maupun para viewer bisa dengan bebas mengungkapkan apa yang mereka pikirkan.


Kondisi ini dperkeruh dengan masih banyaknya pengguna internet di bawah umur yang tidak terawasi dengan maksimal. Apalagi kini para youtuber termasuk dalam jajaran public figure yang tindak tanduknya banyak dijadikan panutan oleh insan muda. Di dalam perkembangannya saja, para youtuber kini menjelma menjadi influencer, atau dapat diartikan sebagai orang yang mempengaruhi. Sehingga dapat dikatan bahwa apa yang dikatan oleh para yotuber secara tidak langsung akan menjadi doktrin bagi pengikutnya atau sering disebut sebagai subcribers.


Meskipun demikian, youtube tidak bisa disebut sebagai media yang buruk. Karena apabila dimanfaatkan dengan baik, kebebasan berbicara yang dimiliki oleh youtube dapat memberikan dampak yang positif. Youtube Indonesia hanya memerlukan sedikit pembenahan. Misalnya dengan membentuk ikatan youtuber yang dinaungi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju.Selain itu juga menanamkan pemahaman bagi para viewers bahwa kebebasan berbicara di youtube tidak boleh disalah artikan sebagai kebebasan untuk menghina, mengejek atau bahkan mengancam.
 

 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempelajari Ilmu PR dari Kasus Pizza Hut September 2016 (DDPR-#2)

PR atau Public Relation dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Strategi PR yang baik dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan mudah, menghindari segala ancaman dan memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Strategi PR yang baik juga mampu mengikat kesetiaan pelanggan, karyawan, kolega, masyarakat dan berbagai aspek internal dan eksternal lain yang akan berimbas pada semakin kokohnya pilar perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, PR memiliki beberapa peran untuk dijalankan. Peran – peran tersebut terdapat dalam teori yang dikemukakan oleh Dozier. Dimana dalam teorinya, Dozier menjabarkan peran PR dalam empat tingkatan. Yaitu :   Teknisi Komunikasi ( Communication Technician ). Peranan communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau dikenal dengan of communication in organization.     Fasilitator Komu...

Belajar Etika Profesi Public Relations Melalui Contoh Kasus

Dalam menjalankan setiap pekerjaan, setiap profesi pastilah memiliki etikanya masing – masing. Etika yang membuat semua pihak yang terlibat merasa nyaman, aman serta efektif dalam bekerjasama. Namun, sebenarnya sudah seberapa jauhkan kita mengetahui apa itu etika dan bagaimana penerapannya? Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos” . Dilihat dari dasar atau asal katanya, etika berarti watak kesusilaan atau adat.   Etika sangat berkaitan erat dengan moral atau yang biasa kita sebut sehari – hari dengan kesopanan. Sedangkan dalam aplikasinya sehari – hari, etika memiliki banyak cabang. Salah satunya yaitu etika profesi. Etika profesi sendiri adalah sikap etis atau nilai moral yang kita terapkan dalam menjalani profesi kita sehari – hari. Etika profesi dalam berbagai pekerjaan tentu beragam, baik dari pemaknaan maupun aplikasinya. Namun, secara garis besar etika profesi memiliki beberapa prinsip. Yaitu : Tanggung jawab Kebebasan Kejujuran K...

Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media

Nama Lengkap : Muchammad Yusuf Nama Panggilan : Yusuf NIM : 1615146194 (STMM MMTC) Kelas : MIK A Jenis Tugas : Essai Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media Seperti yang kita ketahui bahwa setiap hal yang kita lakukan sangat membutuhan perencanaan dan pengaturan atau yang lebih sering disebut dengan manajemen. Dan dari kegiatan manajemen tersebut pastilah memiliki yang namanya pola atau prosedur. Dan salah satu dari pola – pola manajemen tersebut dikemukakan oleh George R Terry yang terkenal dengan konsep POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controling ). Konsep tersebut dalam bahasa Indonesia disebut dengan konsep 4P (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengontrolan).  Seiring dengan berjalannya waktu, konsep tersebut mengalami penyempurnaan dan pengembangan yang disesuaikan dengan perubahan k...