Citra
perusahaan merupakan salah satu hal yang harus dijaga dengan baik oleh
perusahaan. Ketika citra perusahan itu hancur, bukan tidak mungkin mereka akan
kehilangan pasar yang akhirnya berujung pada kebangkrutan. Berbagai kiat dalam
menjaga citra perusahaaan telah sering kita jumpai. Meskipun masing – masing perusahaan
memiliki cara yang berbeda dalam menjaga citranya, kebanyakan dari langkah –
langkah tersebut disusun oleh suatu manajemen Public Relations.
PR
suatu perusahaan memiliki tujuan universal yang berkaitan dengan citra. Yaitu
Menciptakan, memelihara, memperbaiki dan memepertahankan. Tujuan – tujuan tersebut
yang nantinya akan menjadi purpose dan
indicator keberhasilan dari langkah – langkah kehumasan yang ditempuh oleh
sebuah perushaan.
Contoh
kasus :
Salah
satu perusahaan yang cukup berhasil menjaga nama baiknya adalah perusahaan
makanan cepat saji McDonald's. Salah satu jaringan restaurant waralaba
berkaliber internasional ini hampir diketahui oleh semua lapisan masyarakat. Langkah
– langkah kehumasan yang selalu diambil oleh perusahaan McDonald’s ini ternyata
dapat dianalisis menggunakan teori dasar – dasar public relations.
Yang
pertama berkaitan dengan tujuan universal dari PR McDonald’s itu sendiri. Dari
beberapa tujuan yang telah disampaikan tadi, tujuan yang saat ini menjadi fokus
utama yaitu untuk mempertahankan memelihara citra. McDonald’s sudh mulai menciptakan
citra sejak ia pertama dibangun sekitar tahu 1950-an. Kini McDonald’s tinggal
memelihara citra yang sudah lama terbentuk agar tidak hilang.
Pembentukan
citra ini mengacu pada bentuk pertumbuhan perusahaan. Beberapa bentuk
pertumbuhan perusahaan yaitu Question Mark, Stars, Cash Cow, dog. Sedangkan
untuk perusahaan McDonald’s saat ini berada pada bentuk cash cow. Dimana dalam
posisi ini, perusahaan telah memiliki pasar yang tetap, namun berada dalam
posisi yang sulit untuk mengembangkannya.
Komentar
Posting Komentar