Langsung ke konten utama

Mempelajari PR dalam Pembentukan Citra, dengan Contoh Kasus McDonald's (DDPR-#3)




Citra perusahaan merupakan salah satu hal yang harus dijaga dengan baik oleh perusahaan. Ketika citra perusahan itu hancur, bukan tidak mungkin mereka akan kehilangan pasar yang akhirnya berujung pada kebangkrutan. Berbagai kiat dalam menjaga citra perusahaaan telah sering kita jumpai. Meskipun masing – masing perusahaan memiliki cara yang berbeda dalam menjaga citranya, kebanyakan dari langkah – langkah tersebut disusun oleh suatu manajemen Public Relations.

PR suatu perusahaan memiliki tujuan universal yang berkaitan dengan citra. Yaitu Menciptakan, memelihara, memperbaiki dan memepertahankan. Tujuan – tujuan tersebut yang nantinya akan menjadi purpose dan indicator keberhasilan dari langkah – langkah kehumasan yang ditempuh oleh sebuah perushaan.

Contoh kasus :

 

 Salah satu perusahaan yang cukup berhasil menjaga nama baiknya adalah perusahaan makanan cepat saji McDonald's. Salah satu jaringan restaurant waralaba berkaliber internasional ini hampir diketahui oleh semua lapisan masyarakat. Langkah – langkah kehumasan yang selalu diambil oleh perusahaan McDonald’s ini ternyata dapat dianalisis menggunakan teori dasar – dasar public relations. 


Yang pertama berkaitan dengan tujuan universal dari PR McDonald’s itu sendiri. Dari beberapa tujuan yang telah disampaikan tadi, tujuan yang saat ini menjadi fokus utama yaitu untuk mempertahankan memelihara citra. McDonald’s sudh mulai menciptakan citra sejak ia pertama dibangun sekitar tahu 1950-an. Kini McDonald’s tinggal memelihara citra yang sudah lama terbentuk agar tidak hilang.

Pembentukan citra ini mengacu pada bentuk pertumbuhan perusahaan. Beberapa bentuk pertumbuhan perusahaan yaitu Question Mark, Stars, Cash Cow, dog. Sedangkan untuk perusahaan McDonald’s saat ini berada pada bentuk cash cow. Dimana dalam posisi ini, perusahaan telah memiliki pasar yang tetap, namun berada dalam posisi yang sulit untuk mengembangkannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempelajari Ilmu PR dari Kasus Pizza Hut September 2016 (DDPR-#2)

PR atau Public Relation dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Strategi PR yang baik dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan mudah, menghindari segala ancaman dan memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Strategi PR yang baik juga mampu mengikat kesetiaan pelanggan, karyawan, kolega, masyarakat dan berbagai aspek internal dan eksternal lain yang akan berimbas pada semakin kokohnya pilar perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, PR memiliki beberapa peran untuk dijalankan. Peran – peran tersebut terdapat dalam teori yang dikemukakan oleh Dozier. Dimana dalam teorinya, Dozier menjabarkan peran PR dalam empat tingkatan. Yaitu :   Teknisi Komunikasi ( Communication Technician ). Peranan communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau dikenal dengan of communication in organization.     Fasilitator Komu...

Belajar Etika Profesi Public Relations Melalui Contoh Kasus

Dalam menjalankan setiap pekerjaan, setiap profesi pastilah memiliki etikanya masing – masing. Etika yang membuat semua pihak yang terlibat merasa nyaman, aman serta efektif dalam bekerjasama. Namun, sebenarnya sudah seberapa jauhkan kita mengetahui apa itu etika dan bagaimana penerapannya? Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos” . Dilihat dari dasar atau asal katanya, etika berarti watak kesusilaan atau adat.   Etika sangat berkaitan erat dengan moral atau yang biasa kita sebut sehari – hari dengan kesopanan. Sedangkan dalam aplikasinya sehari – hari, etika memiliki banyak cabang. Salah satunya yaitu etika profesi. Etika profesi sendiri adalah sikap etis atau nilai moral yang kita terapkan dalam menjalani profesi kita sehari – hari. Etika profesi dalam berbagai pekerjaan tentu beragam, baik dari pemaknaan maupun aplikasinya. Namun, secara garis besar etika profesi memiliki beberapa prinsip. Yaitu : Tanggung jawab Kebebasan Kejujuran K...

Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media

Nama Lengkap : Muchammad Yusuf Nama Panggilan : Yusuf NIM : 1615146194 (STMM MMTC) Kelas : MIK A Jenis Tugas : Essai Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media Seperti yang kita ketahui bahwa setiap hal yang kita lakukan sangat membutuhan perencanaan dan pengaturan atau yang lebih sering disebut dengan manajemen. Dan dari kegiatan manajemen tersebut pastilah memiliki yang namanya pola atau prosedur. Dan salah satu dari pola – pola manajemen tersebut dikemukakan oleh George R Terry yang terkenal dengan konsep POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controling ). Konsep tersebut dalam bahasa Indonesia disebut dengan konsep 4P (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengontrolan).  Seiring dengan berjalannya waktu, konsep tersebut mengalami penyempurnaan dan pengembangan yang disesuaikan dengan perubahan k...