Langsung ke konten utama

Perjalanan Kampung Kumuh menjadi Tempat Wisata Hits Pecinta Instagram (UAS#2-Feature)


Nama Lengkap
:
Muchammad Yusuf
Tugas / Matkul
:
Ujian Akhir Semester / Jurnalistik Multi Media
(Feature)
NIM
:
01615146194
Kelas
:
MIK 2  A




Perjalanan Kampung Kumuh menjadi Tempat Wisata Hits Pecinta Instagram




Matahari bersinar terik dikala jalanan kota semarang dipenuhi oleh berbagai kendaraan lalu lalang. Deru mesin dan klakson saling bersautan dikala kami masih berjibaku melewati kemacetan siang itu. Keringat yang sudah mulai menetes tidak kami pedulikan. Rasa lelah dan kepulan asap yang mau tidak mau kami telan, menjadi harga yang pantas untuk dapat mengunjungi salah satu tempat wisatu baru Semarang yaitu Kampung Pelangi.



Kampung pelangi, merupakan nama panggung dari kampung wonosari. Kampung yang berada persis di belakang Pasar Bunga Kalisari, Semarang. Dari seluruh rumah yang saling berhimpitan, dapat diketahui 232 diantaranya telah menjelma menjadi kanvas raksasa. Pasalnya hampir seluruh bangunan tersebut kini dipoles dengan cat beragam warna. Tembok, tiang bahkan atap. Tidak ada yang luput cipratan cat warna cerah.


 
Sesampainya di lahan parkir, kami dan para wisatawan lain akan langsung ditagih uang parkir. Tidak mahal. Hanya seharga satu gelas es teh di warung makan, 3000 rupiah. Namun, belum sempat kami mengeluarkan dompet, mata kami telah asyik menyantap pemandangan elok dari perumahan di depan kami. Perumahan yang dulunya merupakan kampung kumuh, sempit dan kental dengan nuansa sungai kotornya, kini bagaikan taman kanak – kanak raksasa. Luas, bersih, dan penuh warna. Bagaikan ulat yang telah berubah menjadi kupu – kupu, kampung kumuh ini kini telah menjadi kampung yang mempesona.

Proyek yang merupakan lanjutan dari renovasi pasar bunga kalisari ini sukses menyedot perhatian para wisatawan. Bahkan keindahan kampung ini juga diakui oleh media internasional. Seperti media Inggris, The Independent dan Mirror hingga BuzzFeed dan BoredPanda.  Kampung yang jaraknya hanya 550m dari Tugu Muda Semarang ini menjadi viral tidak lain dan tidak bukan, karena tujuan utama dari para wisatawan. Yaitu untuk hunting foto dan diunggah di Instagram.

 
Perubahan yang luar biasa ini bukan berarti tanpa kendala. Pemerintah yang awalnya hanya ingin merenovasi pasar bunga kalisari, merasa masih gagal. Karena perumahan kumuh yang tepat berada di belakangnya masih belum bisa mendukung. Hingga akhirnya munculah ide agar nantinya kampung ini dapat serasi dengan pasar bunga yang tepat beradai di depan Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama ini. Karena tidak semua rumah di kampung ini terhitung miskin, maka dana dari pemerintah tidak bisa sepenuhnya diberikan. Namun, hasil sumbangan baik dari dana pribadi maupun dari CSR berbagai perusahaan yang telah dikumpulkan, berhasil membuat proyek ini terwujud.

Kini, telah banyak masyarakat yang menikmati hasil dari lahirnya kampung pelangi ini. Sebut saja Sulis. Pria yang ditaksir usianya sekitar 23 tahun ini setiap harinya bertugas sebagai juru parkir. Dirinya mengakui bahwa adanya kampung pelangi ini sangat membantu para penduduk. Ia dan rekan – rekan seprofesinya hanya sebagian kecil dari masyarakat yang diuntungkan. Ada masyarakat yang akhirnya membuka warung untuk menjual minuman dingin, ada pula yang membuka persewaan properti foto yang contohnya seperti papan dengan tulisan “Menantu Idaman”.

 

Sulis juga mengungkapkan bahwa dalam prosesnya pemerintah sangat mendukung penuh dan senantiasa memberikan pengawasan sehingga proyek ini dapat selesai dengan cepat. Pria kelahiran asli Semarang itu mengaku senang dengan tempat tinggalnya yang sekarang. Selain rumah – rumah yang penuh warna, ia juga tidak perlu lagi risau dengan aroma tak sedap dari sungai karena sudah dibersihkan bersamaan dengan dijalankannya proyek Kampung Pelangi.
 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempelajari Ilmu PR dari Kasus Pizza Hut September 2016 (DDPR-#2)

PR atau Public Relation dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Strategi PR yang baik dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan mudah, menghindari segala ancaman dan memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Strategi PR yang baik juga mampu mengikat kesetiaan pelanggan, karyawan, kolega, masyarakat dan berbagai aspek internal dan eksternal lain yang akan berimbas pada semakin kokohnya pilar perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, PR memiliki beberapa peran untuk dijalankan. Peran – peran tersebut terdapat dalam teori yang dikemukakan oleh Dozier. Dimana dalam teorinya, Dozier menjabarkan peran PR dalam empat tingkatan. Yaitu :   Teknisi Komunikasi ( Communication Technician ). Peranan communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau dikenal dengan of communication in organization.     Fasilitator Komu...

Belajar Etika Profesi Public Relations Melalui Contoh Kasus

Dalam menjalankan setiap pekerjaan, setiap profesi pastilah memiliki etikanya masing – masing. Etika yang membuat semua pihak yang terlibat merasa nyaman, aman serta efektif dalam bekerjasama. Namun, sebenarnya sudah seberapa jauhkan kita mengetahui apa itu etika dan bagaimana penerapannya? Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos” . Dilihat dari dasar atau asal katanya, etika berarti watak kesusilaan atau adat.   Etika sangat berkaitan erat dengan moral atau yang biasa kita sebut sehari – hari dengan kesopanan. Sedangkan dalam aplikasinya sehari – hari, etika memiliki banyak cabang. Salah satunya yaitu etika profesi. Etika profesi sendiri adalah sikap etis atau nilai moral yang kita terapkan dalam menjalani profesi kita sehari – hari. Etika profesi dalam berbagai pekerjaan tentu beragam, baik dari pemaknaan maupun aplikasinya. Namun, secara garis besar etika profesi memiliki beberapa prinsip. Yaitu : Tanggung jawab Kebebasan Kejujuran K...

Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media

Nama Lengkap : Muchammad Yusuf Nama Panggilan : Yusuf NIM : 1615146194 (STMM MMTC) Kelas : MIK A Jenis Tugas : Essai Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media Seperti yang kita ketahui bahwa setiap hal yang kita lakukan sangat membutuhan perencanaan dan pengaturan atau yang lebih sering disebut dengan manajemen. Dan dari kegiatan manajemen tersebut pastilah memiliki yang namanya pola atau prosedur. Dan salah satu dari pola – pola manajemen tersebut dikemukakan oleh George R Terry yang terkenal dengan konsep POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controling ). Konsep tersebut dalam bahasa Indonesia disebut dengan konsep 4P (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengontrolan).  Seiring dengan berjalannya waktu, konsep tersebut mengalami penyempurnaan dan pengembangan yang disesuaikan dengan perubahan k...