Langsung ke konten utama

Kebijakan TIK di Masa yang Akan Datang.



 


Nama Lengkap
:
Muchammad Yusuf
Nama Panggilan
:
Yusuf
NIM
:
1615146194
Kelas
:
MIK 2  A

Kebijakan TIK di Masa yang Akan Datang.
 


Perkembangan Teknologi Informasi berlangsung sangat cepat. Kini informasi dapat dengan mudah di konsumsi masyarakat kapanpun dan dimanapun mereka berada. Ketika suatu peristiwa terjadi, hanya membutuhkan beberapa jam sampai seluruh masyarakat mengetahuinya. Namun, berkembangnya teknologi juga membawa dampak negatif. Banyaknya celah sering dimanfaatkan oknum – oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan. Seperti menyebarkan berita hoax, melakukan penipuan dan masih banyak lagi.

Maka dari itu peran aktif pemerintah sangat dibutuhkan. Terutama untuk melindungi masyarakat awam dari arus informasi yang tidak benar. Apalagi, ancaman yang ditimbulakan bukanlah ancaman fisik yang nyata, namun berupa doktrin – doktrin untuk memecah belah bangsa. Seperti yang dapat kita pelajari dari PILKADA 2017 lalu. Banyak sekali bertebaran berita – berita hoax yang bertujuan untuk saling menjatuhkan.

Kebijakan TIK yang akan datang akan berfokus pada pengaturan dalam pemberitaan dan oknum – oknum yang menyebakan berita. Sehingga kebijakan yang dibentuk secara tidak langsung akan membuat alur pembuatan dan penyebaran berita menjadi semakin rumit.


Selain itu apabila dilihat dari kebijakan – kebijakan yang selalu mengutamakan budaya dan moral, ternyata juga akan berpengaruh pada kebijakan – kebijakan dalam dunia TIK. Seperti Kebijakan sensor yang semakin hari semakin rumit di bidang TV Broadcasting. Bukan hanya sensor visual namun juga banyak sekali dialog – dialog yang nantinya akan disensor.

Perkembangan lain juga akan merambah ke media sosial. Cyber bullying akan mendapat perhatian dari pemerintah. Karena cyber bullying salah satunya disebabkan oleh berita hoax. Hukuman untuk para pelaku cyber bullying akan dipertegas dan ditegakkan. Seperti kasus undang – undang ITE yang trend pada tahun 2016 lalu. 

Pada intinya kebijakan – kebijakan TIK di masa yang akan datang akan berfokus pada penyiaran berita serta kebijakan untuk mengatur kgiatan masyarakat di sosial media agar sosial media menjadi solusi dan bukan malah menjadi alat untuk memecah belah masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempelajari Ilmu PR dari Kasus Pizza Hut September 2016 (DDPR-#2)

PR atau Public Relation dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Strategi PR yang baik dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan mudah, menghindari segala ancaman dan memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Strategi PR yang baik juga mampu mengikat kesetiaan pelanggan, karyawan, kolega, masyarakat dan berbagai aspek internal dan eksternal lain yang akan berimbas pada semakin kokohnya pilar perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, PR memiliki beberapa peran untuk dijalankan. Peran – peran tersebut terdapat dalam teori yang dikemukakan oleh Dozier. Dimana dalam teorinya, Dozier menjabarkan peran PR dalam empat tingkatan. Yaitu :   Teknisi Komunikasi ( Communication Technician ). Peranan communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau dikenal dengan of communication in organization.     Fasilitator Komu...

Belajar Etika Profesi Public Relations Melalui Contoh Kasus

Dalam menjalankan setiap pekerjaan, setiap profesi pastilah memiliki etikanya masing – masing. Etika yang membuat semua pihak yang terlibat merasa nyaman, aman serta efektif dalam bekerjasama. Namun, sebenarnya sudah seberapa jauhkan kita mengetahui apa itu etika dan bagaimana penerapannya? Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos” . Dilihat dari dasar atau asal katanya, etika berarti watak kesusilaan atau adat.   Etika sangat berkaitan erat dengan moral atau yang biasa kita sebut sehari – hari dengan kesopanan. Sedangkan dalam aplikasinya sehari – hari, etika memiliki banyak cabang. Salah satunya yaitu etika profesi. Etika profesi sendiri adalah sikap etis atau nilai moral yang kita terapkan dalam menjalani profesi kita sehari – hari. Etika profesi dalam berbagai pekerjaan tentu beragam, baik dari pemaknaan maupun aplikasinya. Namun, secara garis besar etika profesi memiliki beberapa prinsip. Yaitu : Tanggung jawab Kebebasan Kejujuran K...

Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media

Nama Lengkap : Muchammad Yusuf Nama Panggilan : Yusuf NIM : 1615146194 (STMM MMTC) Kelas : MIK A Jenis Tugas : Essai Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media Seperti yang kita ketahui bahwa setiap hal yang kita lakukan sangat membutuhan perencanaan dan pengaturan atau yang lebih sering disebut dengan manajemen. Dan dari kegiatan manajemen tersebut pastilah memiliki yang namanya pola atau prosedur. Dan salah satu dari pola – pola manajemen tersebut dikemukakan oleh George R Terry yang terkenal dengan konsep POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controling ). Konsep tersebut dalam bahasa Indonesia disebut dengan konsep 4P (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengontrolan).  Seiring dengan berjalannya waktu, konsep tersebut mengalami penyempurnaan dan pengembangan yang disesuaikan dengan perubahan k...