Langsung ke konten utama

Rangkuman Materi Prinsip Ilmu Komunikasi




Nama Lengkap
:
Muchammad Yusuf
Nama Panggilan
:
Yusuf
NIM
:
1615146194
Kelas
:
MIK 1 A



Prinsip Ilmu Komunikasi



A.  Komunikasi Sebagai Proses Simbolik
Komunikasi adalah proses simbolik. Dalam KBBI lambang adalah sesuatu seperti tanda untuk menyatakan suatu hal yang mengandung maksud tertentu. Lambang juga berarti tanda yang dipakai untuk menyampaikan pesan dalam proses komunikasi
Simbol atau lambang dalam ilmu komunikasi memiliki pengertian berupa tanda – tanda yang dipakai dalam berkomunikasi atau menyampaikan pesan.
Dalam Ilmu Komunikasi lambang dibagi menjadi dua. Yaitu lambang komunikasi umum dan lambang komunikasi khusus. Penggunaan lambang dan symbol ini sering terjadi ketika kita melakukan komunikasi langsung seperti bertatap muka.
Lambang – lambang tersebut dapat berupa mimik, gesture, gerak – gerik, suara maupun bahasa. Lambang dan symbol yang kita gunakan dalam berkomunikasi berguna untuk mempengaruhi komunikan, mempertegas makna dari pesan yang disampaikan, mempermudah komunikan memahami pesan yang diterima.

B.  Komunikasi Bersifat Transaksional
Komunikasi bersifat Transaksional. Kata transaksi selalu mengacu pada pertukaran yang terjadi antara dua pihak atau lebih. Dalam ilmu komunikasi, maksud dari komunikasi bersifat transaksional yaitu di dalam suatu komunikasi pasti ada yang namanya pertukaran.
Pertukaran yang dimaksud dalam komunikasi adalah pertukaran pesan. Dalam suatu kegiatan komunikasi pasti akan terjadi pertukaran pesan antara komunikator dan komunikan.
Pesan yang dimaksud bukan hanya pesan yang berupa verbal. Namun juga pesan non verbal. Seperti makna dari gesture, mimik dan pesan – pesan lain yang disampaikan dalam komunikasi.
Sebagai contoh yaitu komunikasi langsung atau tatap muka. Dalam komunikasi langsung komunikator akan menyampaikan pesan pada komunikan. Dan komunikan akan memberikan feedback berupa informasi sesuai pesan yang ia dapat. Saling bertukar pesan dan respon tersebut yang membuat komunikasi bersifat transaksional.

C.  Komunikasi Bersifat Sistemik
Komunikasi bersifat sistemik. Dalam hal ini yang dimaksud adalah pesan yang disampaikan seseorang ketika ia berkomunikasi dipengaruhi oleh sisi internalnya.
Sisi internal adalah apa yang ada dalam diri seseorang tersebut. Seperti pengalaman, pengetahuan, keluarga dan lingkungan tempat ia tumbuh. Faktor – factor inilah yang nantinya akan mempengaruhi cara berpikir seseorang.
Cara berpikir ini akan menjadi dasar bagi seseorang dalam merespon informasi yang ia terima melalui proses komunikasi.
Misalnya respon yang diberikan oleh setiap komunikan terhadap informasi yang diterima pasti berbeda – beda.tergantung dari pengetahuan yang ia miliki.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mempelajari Ilmu PR dari Kasus Pizza Hut September 2016 (DDPR-#2)

PR atau Public Relation dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang sangat penting. Strategi PR yang baik dapat membantu perusahaan mengembangkan bisnisnya dengan mudah, menghindari segala ancaman dan memperoleh dukungan dari berbagai kalangan. Strategi PR yang baik juga mampu mengikat kesetiaan pelanggan, karyawan, kolega, masyarakat dan berbagai aspek internal dan eksternal lain yang akan berimbas pada semakin kokohnya pilar perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, PR memiliki beberapa peran untuk dijalankan. Peran – peran tersebut terdapat dalam teori yang dikemukakan oleh Dozier. Dimana dalam teorinya, Dozier menjabarkan peran PR dalam empat tingkatan. Yaitu :   Teknisi Komunikasi ( Communication Technician ). Peranan communications technician ini menjadikan praktisi Public Relations sebagai journalist in recident yang hanya menyediakan layanan teknis komunikasi atau dikenal dengan of communication in organization.     Fasilitator Komu...

Belajar Etika Profesi Public Relations Melalui Contoh Kasus

Dalam menjalankan setiap pekerjaan, setiap profesi pastilah memiliki etikanya masing – masing. Etika yang membuat semua pihak yang terlibat merasa nyaman, aman serta efektif dalam bekerjasama. Namun, sebenarnya sudah seberapa jauhkan kita mengetahui apa itu etika dan bagaimana penerapannya? Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu “Ethos” . Dilihat dari dasar atau asal katanya, etika berarti watak kesusilaan atau adat.   Etika sangat berkaitan erat dengan moral atau yang biasa kita sebut sehari – hari dengan kesopanan. Sedangkan dalam aplikasinya sehari – hari, etika memiliki banyak cabang. Salah satunya yaitu etika profesi. Etika profesi sendiri adalah sikap etis atau nilai moral yang kita terapkan dalam menjalani profesi kita sehari – hari. Etika profesi dalam berbagai pekerjaan tentu beragam, baik dari pemaknaan maupun aplikasinya. Namun, secara garis besar etika profesi memiliki beberapa prinsip. Yaitu : Tanggung jawab Kebebasan Kejujuran K...

Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media

Nama Lengkap : Muchammad Yusuf Nama Panggilan : Yusuf NIM : 1615146194 (STMM MMTC) Kelas : MIK A Jenis Tugas : Essai Penerapan Pola Manajemen 6P dalam Kegiatan Media Seperti yang kita ketahui bahwa setiap hal yang kita lakukan sangat membutuhan perencanaan dan pengaturan atau yang lebih sering disebut dengan manajemen. Dan dari kegiatan manajemen tersebut pastilah memiliki yang namanya pola atau prosedur. Dan salah satu dari pola – pola manajemen tersebut dikemukakan oleh George R Terry yang terkenal dengan konsep POAC ( Planning, Organizing, Actuating, Controling ). Konsep tersebut dalam bahasa Indonesia disebut dengan konsep 4P (Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengontrolan).  Seiring dengan berjalannya waktu, konsep tersebut mengalami penyempurnaan dan pengembangan yang disesuaikan dengan perubahan k...